Sabtu, 07 Juli 2012

Mengapa Saya Berhenti dari Facebook?

Pada 3 Juli 2012 saya menekan tombol "deactivated" pada akun Fb saya. Sebelumnya saya telah mengarsipkanya dengan cara men-download seluruh isi akun dan menyimpannya di tempat yang aman. Saya rasa tidak ada yang istimewa. Ini sama seperti kita berhenti jadi anggota perpustakaan atau keanggotaan sebuah organisasi. So what?

Namun ternyata beberapa teman menyayangkan keputusan ini. Seolah saya keluar dari hidup mereka untuk selamanya. Sebenarnya tidak begitu. Saya telah menyimpan beberapa nomer handphone mereka, dan juga beberapa alamat rumah. Cara "kuno", tapi lebih realistis, sederhana dan efektif daripada sekedar "say hello" di Fb.
Apakah saya tidak mendapatkan kesenangan di Facebook?  O jelas iya. Kesenangan yang saya dapatkan di Facebook adalah:
  1. Bertemu teman lama,
  2. Menerbitkan tulisan ttg pemikiran saya,
  3. Mendapat teman baru,
  4. Membaca postingan, link dan update status berita maupun lagu yang menyegarkan
  5. Di-tag pada foto-foto yang fantastis
  6. Bisa membuat lagu bersama teman lama yg ternyata punya hobi bermain musik!
Lalu mengapa saya berhenti? Saya berhenti karena beberapa hal:
  1. Alasan teknis: entah karena apa terkadang error, jaringan sibuk, lemot, dan pernah di-hack
  2. Alasan pertemanan: beberapa teman menghilang tanpa pesan. Apakah saya yang di-unfriend atau malah di-block? Tidak jelas. Kenapa? Juga tidak jelas. Beberapa dari mereka tampak tetap aktif online tapi tak pernah "mampir" ke akun saya. Ya, sudahlah.
  3. Alasan pertemanan kedua: banyak orang "gila" di Facebook! Anda bisa menemukan aliran sesat maupun aliran Aswaja di sini, yang borjuis maupun yang proletar, yg agamis maupun yang atheis, dsb. Hati-hati milih teman!
  4. Alasan waktu: Fb-an bs makan waktu. Karena sy harus mengatur ulang prioritas2 hidup saya mulai saat ini, maka "Fb-time" adalah yg sy korbankan.
Begitulah. Sederhana saja. Dan jika kelak sy ingin kembali lagi, maka itu nampaknya sudah dipersiapkan oleh Facebook team agar itu menjadi hal yang mudah. So? Adios Amigo! Good bye for now, my Fb friends! "n_n"

Related Post:
1. http://berandabuleni.blogspot.com/2012/07/eh-ketemu-lagi.html

3 komentar:

  1. Balasan
    1. Come on, smile up, big bro... Your little sister is still here... Never forget you... :D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar disini. Setiap komentar yang masuk akan dimoderasi sebelum ditampilkan, jika dipandang perlu.